Jawaban Cepat: Apa Itu Polisi Khusus Kereta Api?

Apa arti Polsuska?

Intisari: Kepolisian Khusus Kereta Api (“ Polsuska ”) adalah instansi dan/atau badan pemerintah yang oleh atau atas kuasa undang-undang diberi wewenang untuk melaksanakan fungsi Kepolisian di bidang Kereta Api.

Apakah polsuska itu pegawai negeri?

Mereka adalah polisi khusus kereta api atau biasa disebut polsuska. Mereka merupakan pegawai PT KAI yang dua bulan dilatih menjadi polisi di bawah pembinaan Polda untuk dipersiapkan menjadi tenaga sekuriti. Selama ini, Polsuska berasal dari pihak ketiga atau outsourcing.

Apa saja tugas kondektur kereta api?

Inilah daftar beberapa tugas dari Kondektur.

  • Menerima izin dari PPKA/PAP kepada KP untuk memberangkatkan (semboyan 40)
  • Memberitahukan kepada Masinis bahwa kereta api siap berangkat (semboyan 41)
  • Memastikan keamanan langsiran bila terjadi langsiran dan tidak terdapat juru langsir.
  • Melaksanakan pemeriksaan tiket penumpang.

Apa saja jenis Polisi?

Yuk simak pembahasan di bawah ini!

  1. Sabhara. Sumber: https://sabhara.sangkuriang.co.id.
  2. Brimob. Sumber: www.cnn.indonesia.com.
  3. Polisi DVI. Sumber: www.beritasatu.com.
  4. Polisi Pantai. Sumber: www.sandiasa.com.
  5. Polisi PBB. Sumber: www.news.detik.com.
  6. Densus. Sumber: www.nasional.kompas.com.

Berapa gaji Polisi per bulan?

2. Gaji Pokok Polisi Pangkat Bintara – Golongan II Brigadir Polisi Satu atau yang bisa disingkat dengan sebutan Briptu, memiliki penghasilan perbulan sebesar Rp 2.169.500 hingga Rp 3.565.200. Brigadir Polisi, memiliki penghasilan perbulan sebesar Rp 2.237.400 hingga Rp 3.676.700.

You might be interested:  Pertanyaan: Mengapa Tidak Ada Kereta Di Kalimantan?

Berapa gaji pramugari kereta api?

Umumnya seorang pramugari kereta api menerima pokok hingga mencapai 4 juta rupiah dan berbagai tunjangan lainnya yang bisa mencapai 3 jutaan rupiah. Jadi apabila dijumlahkan besaran gaji dan juga tunjangan yang bisa diterima oleh seorang pramugari yaitu dapat mencapai 7 jutaan rupiah.

Berapa gaji seorang masinis?

Menurut Edi Sukmoro selaku direktur utama PT Kereta KAI, gaji seorang masinis bisa mencapai Rp12 juta per bulan. Angka tersebut dapat dikatakan cukup tinggi jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, di mana gaji seorang masinis PT KAI paling tinggi menyentuh angka Rp3juta per bulan.

Bagaimana cara menjadi kondektur kereta api?

Untuk menjadi seorang kondektur, kamu harus melewati tes yang diselenggarakan langsung oleh perusahaan kereta api /kapal. Tes yang akan diselenggarakan meliputi tes administrasi, tes kesehatan awal, psikotes dan tes kesehatan akhir. Saat menjadi kondektur, kamu akan mendapatkan berbagai tunjangan kerja.

Berapa gaji kondektur kereta api?

Seorang kondektur kereta api memiliki upah yang cukup besar. dalam satu bulan seorang kondektur bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 6.500.000. Jumlah tersebut sudah termasuk tunjangan yang telah diberlakukan.

Apa beda masinis dan kondektur?

Asisten Masinis adalah pegawai yang bertugas membantu masinis dalam mengoperasikan kereta api dan langsiran. Kondektur adalah pegawai yang bertugas membantu masinis dalam urusan perjalanan kereta api dan urusan langsir bilamana di stasiun tidak ada Juru Langsir.

Polri merupakan lembaga apa?

Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan alat negara yang berperan dalam memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat; menegakkan hukum; serta memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat; dalam rangka terpeliharanya keamanan dalam negeri.

Apa itu polisi Propam?

Propam adalah singkatan dari Profesi dan Pengamanan yang dipakai oleh organisasi Polri pada salah satu struktur organisasinya sejak 27 Oktober 2002 (Kep KAPOLRI Nomor: Kep/54/X/2002). Fungsi pengamanan di lingkungan internal organisasi Polri dipertanggungjawabkan kepada Biro Paminal.

You might be interested:  Tanya pembaca: Cara Mengecek Tiket Kereta Api Yang Sudah Di Booking?

Berapa gaji polisi brimob?

Golongan II (Bintara) Brigadir Polisi Kepala (Bripka): Rp 2.307.400 hingga Rp 3.791.700. Brigadir: Rp 2.237.400 hingga Rp 3.676.700. Brigadir Polisi Satu (Briptu): Rp 2.169.500 hingga Rp 3.565.200. Brigadir Polisi Dua (Bripda): Rp 2.103.700 hingga Rp 3.457.100.